Kumpulan Cerpen atau Cerita Pendek

Search This Blog

Papa dan Mama akan Menyusul Pulang

Raja Cerpen ~ "Papa dan Mama akan menyusul  ke sini sama  Adik Imel.  Mereka selamat," kata Adi seorang  bocah  berumur  10 tahun  yang selamat dari bencana gempa dan tsunami di Banda Aceh, Nangroe Aceh Darussalam, 26 Desember 2004. Baru empat bulan lalu Adi, Imel, adiknya yang berusia 3 tahun  dan kedua orang tuanya pindah  ke Banda Aceh.


Ayah Adi adalah seorang hakim yang mengemban tugas pindah ke Pengadilan Negeri  Banda  Aceh. Sementara itu, kakaknya, Fajar, yang berusia 13 tahun memilih tetap tinggal di Tasikmalaya.

Namun,  suratan hidup  hanya  Tuhan  yang  tahu.  Gempa  dan tsunami  telah  memisahkan mereka untuk selamanya. Tidak ada seorang pun yang berani mengatakan kepada Adi soal kematian  ayahnya dan hilangnya adik dan ibunya. "Kami belum siap". Hanya kalimat itu yang terucap dari bibir saudara-saudaranya dan para tetangga.  Bahkan,  kakak Adi yang tak ikut serta pindah itu pun tetap berusaha  menahan  air mata dan terus ingin memeluk  satu-satunya adik yang selamat.

Saat itu Aceh masih pagi. Adi dan adiknya tengah bermain playstation di rumahnya.  Ayahnya  tidak masuk kantor karena  sedang sakit jantung. Ibunya  pun berada di rumah. Tiba-tiba Adi merasakan gempa. la segera berhambur keluar dari rumah bersama adiknya.  Sesaat kemudian  gempa berhenti dan Adi pun kembali bermain. Ketika sedang asyik bermain, tiba­tiba saja air bah datang  cukup deras. Adi terbawa air mungkin sekitar  30 meter.  Setelah kejadian  itu, Adi  tidak  tahu  lagi di mana ayah, ibu, dan adiknya berada.

Adi selamat dalam bencana itu karena ditolong Ibu Yanpi. Pada waktu itu Ibu Yanpi bersama keluarganya  di dalam mobil. Akan tetapi, mobil yang ketika itu berisi  delapan orang, termasuk Adi, tertimpa listrik.  Setelah kejadian itu, Adi hanya pergi bertiga bersama Ibu Yanpi dan seorang anaknya.  Adi tidak tahu yang lainnya.

Lalu bagaimana Adi bisa  ke Tasikmalaya?  Adi pergi naik truk  dari Aceh ke Medan. Perjalanannya memakan waktu 24 jam. Di truk itu Adi bersama orang-orang dewasa. Akhirnya, Adi bertemu dengan  teman ayahnya yang sama-sama  berasal dari Tasikmalaya,  Gunawan.  Gunawan membawa pulang Adi dengan menggunakan pesawat dari  Medan ke Jakarta.  Kemudian, mereka naik  mobil ke Tasikmalaya. Gunawan yang juga selamat dari tsunami hanya bisa mengatakan bahwa ayah Adi telahmeninggal.

Disadur dari: Kompas, 8 Januari 2005
 
Labels: Cerpen Sedih

Thanks for reading Papa dan Mama akan Menyusul Pulang. Please share...!

0 Comment for "Papa dan Mama akan Menyusul Pulang"

Back To Top